I AM Community

Untung Banget! Ini 5 Bisnis Modal Kecil yang Cocok Bagi Fresh Graduated

Halo Youngvestor! Apakah kamu termasuk salah satu fresh graduated yang sampai saat ini belum mendapatkan pekerjaan? Kamu tidak perlu berkecil hati ya! Beberapa orang bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat bahkan sebelum resmi lulus dari jenjang kuliah. Namun, tidak jarang orang harus menunggu cukup lama hingga mendapatkan pekerjaan pertamanya. Hal tersebut karena ketatnya persaingan lowongan pekerjaan yang mau tak mau membuat fresh graduated harus memiliki daya saing dalam pasar kerja setiap tahunnya.

Meskipun belum bekerja, Youngvestor juga bisa mendapatkan penghasilan dengan memulai bisnis sampingan. Apalagi kehadiran perkembangan teknologi saat ini bisa memudahkan kamu untuk belajar membangun bisnis. Tidak perlu modal yang besar, bentuk usaha yang kamu lakukan bisa disesuaikan dengan kemampuan yang kamu miliki.

Berikut ini, Mintor akan memberikan beberapa referensi bisnis yang bisa dilakukan fresh graduated untuk mendapatkan pundi-pundi uang sambil menunggu panggilan kerja. Penasaran? Yuk, simak ulasannya melalui artikel ini!

1. Suka Mengoleksi Barang? Kamu Bisa Menjual Barang Preloved

Sumber: xendit.co

Youngvestor ingin memulai bisnis, tapi terkendala modal sekaligus masih bingung mau jualan apa? Tenang, kamu tidak perlu khawatir. Menjual koleksi barang yang dimiliki bisa menjadi pilihan yang cukup menjanjikan. Bagaimana caranya?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah kamu bisa menentukan barang-barang yang ingin dijual. Kemudian pilih barang-barang apa saja yang dirasa masih sangat layak untuk dijual. Barang-barang yang dijual bisa bermacam-macam seperti baju, sepatu, aksesoris, kosmetik, hingga peralatan rumah tangga yang dipunyai. Tentunya, kamu juga harus pastikan kalau barang-barang tersebut masih layak pakai ya! Daripada tidak terpakai, lebih baik dijadikan uang.

Sedangkan, khusus untuk baju dan sepatu, kamu perlu membersihkannya terlebih dahulu. Tidak perlu masuk ke laundry kok, bisa dicuci sendiri di rumah dan tambahkan pewangi. Selanjutnya, posting di seluruh akun media sosial yang kamu gunakan. Mudah dan tidak memerlukan modal banyak, bukan?

2. Punya Hobi Kreatif? Kamu Bisa Bisnis Menjual Kerajinan Tangan

Sumber: invent.id

Jika kamu memiliki keterampilan membuat kerajinan tangan, mulailah menjadikan hobi ini sebagai usaha yang lebih serius lagi. Bahan sederhana yang relatif murah bisa kamu sulap menjadi barang yang bernilai tinggi dengan sentuhan tangan kreatif. Misalnya seperti kain flanel, bungkus makanan, atau bahkan menggunakan clay. Bahan-bahan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membuat bunga kertas, boneka kain, sulaman, pigura, atau aksesoris yang cantik.

Tidak perlu bingung untuk menjualnya karena kamu juga bisa memanfaatkan media sosial yang kamu punya untuk memasarkan kerajinan tangan yang kamu buat. Selain itu, kamu juga bisa bekerjasama dengan orang lain yang membuka galeri kerajinan tangan.

Tidak cukup sampai di situ, kamu juga harus rajin mengulik informasi terkait produk yang kamu jual, sehingga kamu bisa mendapatkan ide-ide kreatif lainnya untuk membuat karya yang baru dan produk yang kamu jual lebih banyak menarik minat konsumen.

3. Punya Koneksi yang Luas? Kamu Bisa Punya Bisnis Jasa Titip

Sumber: entrepreneur.bisnis.com

Belakangan ini, bisnis jasa titip beli sedang popular di kalangan masyarakat. Hal ini karena jastip mempunyai untung yang cukup menggiurkan. Sebab, banyak konsumen yang butuh bantuan untuk mendapatkan barang yang sulit mereka jangkau. Terlebih, jika barang yang diincar merupakan produksi luar negeri dan belum masuk pasar Indonesia.

Dengan kemajuan teknologi yang ada, bisnis ini menjadi peluang yang cukup menguntungkan untuk para traveller. Kamu hanya perlu membelikan barang-barang pesanan pelanggan yang kemudian akan dikirimkan lagi ke mereka dengan tambahan biaya pengiriman dan biaya jasa. Sistem pemasarannya pun dilakukan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Kamu hanya perlu mengunggah foto produk yang akan dipasarkan guna menarik perhatian para calon pembeli.

Bisnis ini bisa memberikan peluang yang besar jika ditekuni dengan jujur dan professional. Dengan modal yang relatif kecil, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang besar. Lumayan banget kan?

4. Punya Hobi Travelling? Kamu Bisa Liburan Sambil Jadi Tour Guide

Sumber: jenius.com

Apakah Youngvestor punya hobi jalan-jalan, senang bersosialisasi, dan menguasai bahasa asing? Jika ya, tidak ada salahnya kamu mencoba menjadi tour guide paruh waktu. Pilihan bisnis yang satu ini akan sangat tepat bagi yang tinggal di berbagai kota yang menjadi destinasi wisata seperti Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Bali, dan yang lainnya.

Akan lebih menguntungkan jika kamu memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang cukup baik. Bukan hanya wisatawan lokal saja, namun kamu juga bisa menjadi tour guide untuk wisatawan asing.

Selain bisa mendatangkan uang selagi menunggu pekerjaan, menjadi tour guide bisa menjadi pengalaman yang sangat menarik. Kamu bisa jalan-jalan ke tempat wisata dan bertemu banyak orang.

5. Punya Skill yang Kompeten? Kamu Bisa Jadi Freelancer Jobs Online

Sumber: 99.co

Alternatif lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjadi pekerja paruh waktu atau freelancer yang bekerja secara online. Ada banyak jenis pekerjaan online yang bisa kamu lakukan. Misalnya, jika kamu memiliki kemampuan menulis yang cukup baik atau kemampuan desain secara digital.

Seiring pesatnya perkembangan dunia digital, ada banyak jenis pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan dari rumah. Kamu juga bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat kamu melalui aplikasi khusus pencari kerja freelance. Jika kamu rajin mencari informasi mengenai hal ini, kamu pasti bisa menemukan peluang dan mendapatkan penghasilan dari sana.

Dari referensi bisnis di atas, kira-kira mana yang jadi pilihanmu untuk memulai bisnis? Tuliskan jawaban kamu di kolom komentar untuk berbagi pengalaman kepada pembaca lainnya ya! Apapun yang menjadi pilihanmu, pesan Mintor, pilihlah jenis bisnis yang paling sesuai dengan minat dan kemampuan kamu, sehingga kamu tidak akan kesulitan ketika menjalankannya. Yang lebih penting lagi, jangan berhenti berusaha dan tetap semangat ya, Youngvestor!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *