I AM Community

Hindari Mindset Ini Jika Kamu Ingin Berinvestasi!

Halo Youngvestor!

Selain memahami konsep dan pemahaman tentang investasi, mengelola pola pemikiran (mindset) pada diri sendiri adalah hal yang penting dan perlu dilakukan untuk memaksimalkan segala sesuatu yang telah menjadi target utama. Tak dapat dipungkiri bahwa keadaan sekarang ini terkadang membuat kita sering berdampak pada pemikiran-pemikiran yang terlalu berlebihan sehingga dampak negatif bisa muncul pada situasi apapun. Namun, hal ini tentunya harus diminimalisir sebagai pencegahan. Mintor kali ini akan membagikan tentang mindset apa saja yang harus kamu hindari terutama dalam berinvestasi.

1. Mudah Mengeluh Terhadap Investasi

Sumber : pixabay.com

Sekarang ini hanya sebagian orang saja yang bergelut dalam berinvestasi, tak jarang mereka menganggap bahwa investasi adalah hal yang rumit dan sangat sulit. Dalam hal ini memang benar, namun bukan berarti hal ini tidak dapat dipelajari Youngvestor. Jika kita serius dan bersungguh-sungguh, maka tak ada hal yang tidak mungkin untuk dipelajari. Ingat bahwa investasi itu dapat menolong di masa depan. Hanya diri sendiri yang mampu dan mempelajarinya untuk menjadi lebih baik. Jadi ketika kamu belum mencoba tetapi sudah mengeluh terhadap sesuatu hal, tentu akan berdampak merugikan pada diri sendiri. Kondisi ini tentunya menyebabkan kamu akan mendapatkan hal yang berbeda, seperti merasa takut dan tidak nyaman dalam berinvestasi.

2. Selalu Berpikir Negatif Terhadap Investasi

Sumber: lifepal.co.id

Selalu mencurigai dan pesimis terhadap hal yang belum dicoba dan dilakukan, dapat menyebabkan diri tidak mendapatkan pengalaman baru. Utamanya ketika memulai investasi, kamu berpendapat bahwa hal yang dilakukan akan menjadi sia-sia karena terlalu mendengarkan banyak asumsi perkataan negatif dari orang lain. Tentunya ini akan berdampak buruk terutama bagi diri sendiri sehingga mengakibatkan segala usaha dan waktu akan terbuang dalam mengerjakan atau menekuni dalam berinvestasi.

3. Tidak Berani Mencoba Hal Baru

Sumber: pixabay.com

Kebanyakan dari kita hanya mentok pada konsep yang biasa sehingga untuk melakukan hal baru terkadang kebingungan dan berakhir pada kondisi menyerah. Padahal konteks pengalaman baru merupakan harta berharga yang didapatkan seseorang ketika mencoba hal yang belum pernah diketahui. Jika kamu termasuk dalam hal ini, maka cobalah untuk mulai melakukan dengan hal-hal yang mudah dan menarik untuk menambah pengalamanmu. Dengan begitu kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam mencoba. Dengan demikian, berbagai inovasi kreatif akan muncul dengan sendirinya Youngvestor!

4. Tidak Sabaran Terhadap Hasil

Sumber: pixabay.com

Banyak orang di zaman sekarang yang ingin mengharapkan hasil yang serba instan. Semua hal harus didapatkan dengan mudah tanpa usaha dan proses yang dijalani. Sering kali hal ini dirasakan pada seseorang yang apabila mengerjakan sesuatu dengan hasil yang tak sesuai sehingga menimbulkan perasaan tak bersemangat dan tak mencoba lagi.

Itulah sederet ringkas tentang pemikiran diri sendiri (mindset) yang harus dihindari utamanya dalam berinvestasi. Semua hal memiliki proses dan waktunya, hanya diri sendiri yang bisa mengendalikannya dengan usaha yang maksimal. Perbanyaklah dalam belajar dan saling berbagi cerita dengan orang yang berpengalaman adalah untuk menambah wawasan dan meningkatkan potensi yang ada pada diri sendiri utamanya dalam berinvestasi. Good luck Youngvestors!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *