I AM Community

Pentingnya Membangun Personal Branding yang Kuat di Era Digital, Milenial Wajib Tahu Ini!

Pentingnya Membangun Personal Branding yang Kuat di Era Digital, Milenial Wajib Tahu Ini!
 

Youngvestor, siapakah di antara kalian yang belum pernah mendengar istilah personal branding? Mintor yakin banyak dari kalian yang sudah familiar dengan istilah tersebut. Bukan hanya publik figur, tokoh politik ataupun public speaker namun setiap orang juga memiliki personal brand, termasuk kamu loh!

Lantas sebetulnya, apa itu personal branding? Personal branding adalah usaha yang dilakukan oleh seseorang dalam mengembangkan dan memaksimalkan potensi/ketrampilan diri (skill), perilaku (behavior) dan memahami nilai unggul (value) yang ingin dicapai dalam dirinya. Selain itu, personal branding juga digambarkan sebagai cara yang dilakukan untuk membentuk reputasi dan impresi diri sendiri dari sudut pandang orang lain.

Personal branding yang kuat di internet akan memudahkan kamu untuk dikenali, baik secara personal dan profesional. Orang-orang bisa dengan mudah melihat keahlian, karya, dan pencapaian kamu secara online.

Jika Youngvestor masih belum yakin untuk memulainya sekarang, Mintor akan membagikan alasan-alasan lain yang bisa dijadikan pertimbangan untuk mengetahui pentingnya membangun personal branding, khususnya di media sosial LinkedIn dan Instagram. Yuk, kita simak informasi berikut ini!

1. Membangun Karir dan Bisnis Lewat LinkedIn

Sumber: topcareer.id

Semakin canggih perkembangan teknologi saat ini, tentunya Youngvestor dapat melihat tantangan karir atau bisnis di era digital yang tidak lagi sama. Menurut SHRM, 96% perekrut menggunakan LinkedIn untuk mempekerjakan pelamar yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Membangun personal branding di jaringan profesional seperti LinkedIn, membuka kesempatan bagi generasi milenial untuk bisa ditemukan perekrut dan dipertemukan dengan berbagai kesempatan yang ada di tengah ketatnya persaingan.

Melalui personal branding, pelaku industri dapat mengetahui keunikan dan nilai yang dapat ditawarkan oleh seorang profesional. Misalnya seperti HRD, klien, investor, atau calon partner. Mereka akan melihat representasi online pelamar sebagai bahan pertimbangan seleksi apakah dirinya layak menjadi kandidat pekerja atau tidak. Mereka mungkin saja melakukan penyaringan tahap awal dengan melihat seluruh profil orang tersebut yang tersebar secara online.

Ketika seseorang berhasil membangun personal branding yang kuat, yakni bisa meyakinkan mereka bahwa orang tersebut adalah yang terbaik di bidang yang digelutinya. Tentunya hal tersebut akan berdampak baik bagi kelangsungan karir seseorang.

2. Memperkuat Networking Berkat Personal Branding di LinkedIn

Sumber: MyB.co.id

Di era digital ini, personal branding menjadi semakin penting. Mengapa? Terkadang orang melupakan yang namanya networking. Bagi marketers muda, networking cukup sulit dilakukan secara offline. Waktu dan jarak yang dimiliki sangatlah terbatas. Apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta.

Media sosial seperti LinkedIn memudahkan kita untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan profesional muda lainnya. Meski belum pernah bertemu langsung, seseorang bisa langsung tertarik denganmu berkat personal branding yang kamu bangun secara online. Hal ini juga berlaku di dunia nyata lho! Personal branding yang menarik akan mempermudah kamu dalam memperluas jaringan secara profesional. Bahkan, personal branding yang menarik juga bisa membuat orang lain tertarik untuk berhubungan secara lebih personal denganmu, seperti berteman.

3. Mempunyai Peluang Kerja yang Luas Lewat Instagram

Sumber: bintangpagi.com

Setelah membahas personal branding di LinkedIn, selanjutnya Mintor akan membahas personal branding di Instagram. Media sosial Instagram bukanlah hal yang asing lagi bagi seluruh kalangan masyarakat. Mulai dari anak-anak, orang dewasa, orang tua, baik laki-laki maupun perempuan. Tidak sedikit dari mereka yang menggunakan aplikasi Instagram sekedar untuk membagikan keseharian mereka. Tapi, apakah kalian pernah terpikir untuk menggunakan Instagram sebagai personal branding?

Siapapun kamu dan apapun pekerjaanmu, pasti akan ada orang yang mencarimu di dunia maya. Bisa jadi orang yang mencarimu adalah bagian HR dari kantor dimana kamu mendaftar kerja, orang yang mau mengajakmu untuk bekerjasama dalam bisnis ataupun orang yang ingin memperkerjakan kamu sebagai freelancer. Sama halnya dengan LinkedIn, media sosial Instagram bisa menjadi platform yang menciptakan peluang kerja lebih luas. Tentunya hal ini berlaku bagi kamu yang memiliki personal brand yang lebih unik dan positif ya!

4. Menambah Teman dan Pengetahuan Baru di Instagram

Sumber: medium.com

Sementara itu, manfaat dari personal branding di Instagram adalah meningkatkan jumlah pengikut. Ini biasanya menjadi goals para anak muda di dunia maya. Pentingnya merapikan feeds Instagram merupakan salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak pengikut. Ketika mulai membenahi feeds dengan rapi, tentu followers kamu akan sadar personal brand apa yang kamu tampilkan dalam Instagrammu. Tidak jauh berbeda dengan LinkedIn, secara perlahan para pengikut tidak hanya sebatas melihat konten yang kamu berikan melainkan dapat memberikan feedback yang baik. Entah itu semacam likes ataupun komentar.

Di samping itu, kamu juga berpeluang mendapatkan lebih banyak teman dengan minat yang sama. Kamu bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru. Hal tersebut akan berdampak pada relasi yang kian bertambah ketika memiliki konsistensi tema atau konten Instagrammu. Ini juga berpengaruh dengan personal branding yang kamu buat loh!

Itulah beberapa hal yang dapat meyakinkan Younvestor untuk membangun personal branding yang kuat melalui media sosial seperti LinkedIn dan juga Instagram. Mulai dari memperoleh kredibilitas, relasi baru bahkan kesempatan baru.

Gimana nih Youngvestor? Apa artikel di atas sudah membantu kamu untuk lebih mengenal tentang personal branding? Buat kamu yang masih bingung, Mintor masih punya solusi yang lain.

Jadi, pada Sabtu (31/10) nanti, I AM Community akan menyelenggarakan Online Training Series bersama Anita Dwi Kurnia sebagai Head of Human Capital Development PT Intiland Development TBK. Topik yang akan dibahas adalah “Create Digital Branding On LinkedIn & Be A Great Jobseeker!” Pas banget karena webminar ini akan menjawab semua pertanyaanmu tentang bagaimana membangun personal branding di LinkedIn. Youngvestor juga bisa check Instagram @i_amcommunity untuk lebih lengkap ya! See you, Youngvestor!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *