I AM Community

Pentingnya Investasi Sejak Dini, Properti Jadi Idaman Kaum Milenial

Pentingnya Investasi Sejak Dini, Properti Jadi Idaman Kaum Milenial
 

Selama pandemi Covid-19, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah meletakkan program peningkatan literasi keuangan bagi kelompok generasi milenial Indonesia sebagai program prioritas. Kebiasaan menabung dan berinvestasi harus ditanamkan kepada milenial sejak dini. Hal ini dikarenakan anak muda yang dianggap terlalu cuek dan masih awam terhadap investasi. Padahal, investasi sejak dini memiliki banyak keuntungan jika dilakukan.

Youngvestor, tahukah kamu bahwa investasi merupakan langkah yang sangat penting dilakukan untuk mengelola keuangan kita. Dengan memiliki tabungan atau aset, dapat membantu kamu untuk menghadapi ketidakpastian yang akan terjadi di masa mendatang.

Namun, apakah kaum milenial sadar akan pentingnya investasi sejak dini? Yuk, kita intip pendapat mereka!

1. Investasi Bukan Hanya Mempertahankan Mata Uang

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Kali ini Mintor berbincang dengan beberapa generasi milenial. Ketika ditanyakan mengenai investasi, tidak jarang dari mereka yang mengaku investasi penting dilakukan sejak dini.

CEO & Founder I AM Community, Monica Tanata, mengatakan bahwa investasi bukan hanya soal mempertahankan mata uang. Ketika berinvestasi, kita bisa mengembangkan uang yang kita miliki. Uang tersebut akan terus berputar bahkan bertambah. “Kalau kita menabung, kita hanya mempertahankan mata uangnya saja. Tapi kalau investasi, kita bisa mengembangkan uang tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, jenis investasi yang pertama diinginkan adalah properti. Menurutnya, investasi properti menjadi jenis investasi yang paling idaman. Lalu yang kedua adalah peer to peer lending. Tentunya, hal tersebut bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan, bukan?

Monica menambahkan, kemudahan dalam berinvestasi seharusnya tidak menjadi alasan bagi anak muda untuk tidak memulai investasi. “Banyak sekali bank-bank atau influencer, khususnya I AM Community ini yang membantu meningkatkan awareness akan pentingnya investasi yang diperlukan bagi anak muda untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik,” lanjutnya.

2. Investasi Meningkatkan Nilai Aset dan Kekayaan

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Hal senada juga disampaikan oleh Vionia Merryn, mahasiswa salah satu Universitas di Jakarta.  Sebagai anak muda, ia merasa perlu untuk melakukan investasi sejak dini. “Semakin cepat kita berinvestasi, semakin besar pula keuntungan yang akan kita dapat,” jelasnya.

Walaupun belum pernah melakukan investasi, Vionia mengaku bahwa ia sangat tertarik untuk mencobanya, khususnya di bidang properti. Menurutnya, investasi properti memiliki risiko yang lebih kecil dibandingkan jenis investasi lainnya.

Namun hal tersebut juga tidak membuat dirinya berhenti belajar dan mencari tahu lebih banyak informasi mengenai investasi agar ketika melakukan investasi, dirinya bisa lebih mengerti lagi.

3. Investasi Membantu Mewujudkan Impian Masa Depan

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Berbeda dengan Vionia, Ilham Adhada mengatakan bahwa dirinya sudah mulai berinvestasi sejak awal tahun 2020. Jenis investasi yang ia lakukan adalah reksa dana. Akan tetapi, ia juga ingin mencoba jenis investasi lainnya seperti emas, saham, dan properti.

Mahasiswa muda ini menjelaskan bahwa anak muda perlu berinvestasi karena dapat membantu mewujudkan tujuan atau impian di masa depan. Selain itu, investasi juga bisa mendorong kaum milenial untuk mempunyai finansialyang tetap dan sumber keuangan tambahan. “Yang paling penting adalah bisa mempersiapkan masa tua yang tenang,” sambungnya.

Di samping itu, mengenai perkembangan teknologi yang semakin canggih, Ilham berpendapat bahwa informasi dan pengetahuan tentang investasi sudah sangat mudah diakses, sehingga tidak ada alasan bagi anak muda untuk tidak paham bagaimana cara memulai investasi.

4. Investasi Membentuk Pribadi yang Disiplin

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Alasan lain pentingnya anak muda melakukan investasi sejak dini juga disampaikan oleh Jevilia Aryento. Usia muda adalah usia yang dipenuhi dengan hiburan, sehingga tak jarang jika uang yang kita miliki terbuang sia-sia karena pemakaiannya yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

“Yang paling penting menurut aku adalah build the habit of nabung buat anak muda. Karena anak muda yang aku liat sekarang itu boros dan masih jarang nabung. Kalau misalnya kebawa sampai dewasa, mau kerja sampai kapan kalau nggak nabung? Gimana caranya untuk mencukupi kebutuhan kalau nggak kerja? Jadi mau nggak mau kerjanya sampai tua,” jelas Jevilia.

Mahasiswa jurusan Matematika ini juga menegaskan bahwa penting sekali membiasakan diri untuk menabung. Youngvestor bisa mulai investasi dari yang paling simple nih!Seperti halnya, saat ini Jevilia melakukan investasi saham, emas, dan obligasi. “Nggak perlu mikirin untuk dapat profit yang besar, yang penting bisa membiasakan diri untuk menabung dan investasi mulai dari profit yang kecil saja,” tambahnya.

5. Investasi Mendapatkan Financial Freedom

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Selain itu, Wiranti Angkola Harahap menyayangkan generasi muda yang memiliki tingkat kesadaran yang minim akan pentingnya investasi sejak dini. Menurutnya, alasan anak muda yang masih sedikit melakukan investasi antara lain adalah gaya hidup hedonisme, kurangnya edukasi mengenai menabung, dan adanya anggapan bahwa pengalokasian dana untuk masa depan hanya dilakukan oleh orang tua.

Padahal, tidak sedikit dari anak muda yang menginginkan kebebasan finansial. “Yang aku maksud di sini adalah bukan kita yang bekerja untuk uang tapi uang yang bekerja untuk kita,” jelasnya.

Lebih lanjut, mahasiswa yang akrab dipanggil Wiranti ini menilai bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulai investasi. Ia sendiri sangat tertarik dengan investasi properti karena harganya cenderung meningkat setiap tahunnya.

Melalui investasi ini, ia berharap agar pola keuangan masyarakat bisa menjadi lebih teratur dan efektif. Sehingga bisa memberikan dampak jangka panjang bagi pemilik dan juga perekonomian Indonesia.

Itulah beberapa alasan pentingnya investasi sejak dini. Untuk menyadari pentingnya investasi sejak dini, Youngvestor harus memiliki tujuan dan alasan yang kuat. Pada dasarnya, investasi dilakukan jika kamu menginginkan financial freedom demi keuangan jangka panjang.

Semakin dini kamu berinvestasi, maka semakin baik pula hasil yang akan kamu dapatkan dalam jangka panjang. Bukan tentang seberapa besar nominal yang bisa kamu investasikan namun bagaimana kamu bisa mendisiplinkan diri dengan pola pikir yang benar, yakni untuk mempersiapkan kebutuhan di masa mendatang dengan memanfaatkan dana yang kamu miliki saat ini.

Semoga artikel ini dapat menjadi pencerahan bagi Youngvestor yang ingin mulai berinvestasi. Pesan Mintor, jadilah investor yang bijak dengan mengetahui secara pasti tujuan serta risiko dari masing-masing produk investasi. Semoga berhasil, Youngvestor!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *