I AM Community

Curi Rahasia Hebat Atur Keuangan Ala Chairul Tanjung

Halo Youngvestor! Sudahkah kamu mulai mempraktikkan langkah mengelola keuangan yang sudah Mintor bagikan kemarin? Mintor harap sudah ya agar kita dapat terus bertahan di kala pandemi seperti ini dan siap menghadapi segala situasi di masa depan. Hari ini Mintor ingin membagikan tips inspiratif dari salah satu pengusaha terkaya di Indonesia yang telah memiliki beberapa perusahaan baik di bidang properti, keuangan, dan multimedia, yaitu Pak Chairul Tanjung!

Siapa sih yang gak kenal Pak Chairul Tanjung? Salah satu pendiri stasiun TV swasta yang dikenal dengan sebutan “Si Anak Singkong” sesuai judul buku yang pernah ditulisnya. Pak Chairul Tanjung merupakan pengusaha terkaya ke-6 di Indonesia loh, Youngvestor! Kok bisa ya dari seorang “anak singkong” menjadi seorang pebisnis sukses? Ternyata dalam merintis bisnisnya, banyak usaha yang dilakukan Pak Chairul Tanjung, salah satunya adalah dalam mengelola keuangan.

Apa saja konsep manajemen keuangan ala Chairul Tanjung? Yuk kita simak rahasia hebat dari Pak CT berikut ini!

1. Pandai Dalam Memutar Keuangan

Dalam berkarier dan berbisnis, kita harus berani memulai dari langkah kecil dan menjalankan usaha kecil-kecilan. Setelah mendapatkan penghasilan dan keuntungan dari usaha tersebut, kita harus disiplin dan pandai dalam memutar keuntungan tersebut menjadi modal agar usaha tetap berjalan dan keuangan pun terus berkembang.

Hal inilah yang dilakukan Pak CT saat dirinya menempuh kuliah. Suatu ketika ada buku kuliah yang biaya fotokopinya Rp500. Kemudian Ia mencari tempat fotokopi murah dan bisa mendapat harga Rp150 per buku. Lalu Ia menawarkan buku tersebut kepada teman-temannya dengan harga Rp300. 100 teman kuliahnya ternyata mau membeli buku dengan harga yang lebih terjangkau tersebut dan otomatis Pak CT saat itu mendapatkan untung Rp150 x 100 orang, yaitu Rp15.000. Dari keuntungan Rp15.000 itu Ia gunakan untuk memutar kembali modal sehingga uangnya terus berkembang.

2. Menjadikan Modal Untuk Menciptakan Peluang

Dalam menjalankan bisnis tentunya diperlukan modal untuk memulai usaha dan membeli semua bahan yang dibutuhkan. Selain itu, keuntungan yang kita dapatkan dari bisnis tersebut dapat diputar kembali menjadi modal guna menciptakan peluang yang lebih besar. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menaikkan personal branding dan juga brand awareness dari produk/jasa yang kita tawarkan.

Pentingnya personal branding guna menjadikan produk/jasa memiliki nilai keunikan dan ciri khas dibandingkan produk/jasa lain di pasar. Personal branding tidak hanya berlaku bagi produk/jasa, tetapi sang pendiri, pemilik, dan karyawan dari bisnis tersebut juga penting agar citra dari bisnis tetap baik di mata masyarakat. Brand awareness adalah kesadaran masyarakat akan merek yang penting untuk ditingkatkan agar produk/jasa kita dapat diketahui dan diterima di tengah masyarakat.

3. Partnership

Selain keuangan, ternyata untuk meningkatkan pemasukan juga dibutuhkan relasi atau kerja sama dengan pihak lain. Salah satu caranya adalah partnership. Partnership adalah bentuk kerja sama antara dua merek atau lebih yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan citra produk/jasa. Strategi ini bertujuan untuk memperluas jaringan dan bisa kamu coba jika merasa belum cukup modal dan ingin menambah modal lebih besar untuk memperluas pasar. Youngvestor dapat mencari partner untuk berbagi usaha dengan sistem bagi hasil. Semakin banyak partner bisnis yang kamu miliki, semakin banyak pula potensi keuntungan dan modal yang dimiliki.

4. Disiplin Mengatur dan Mencatat Keuangan

Rahasia terakhir yang bisa kamu lakukan agar manajemen keuanganmu berjalan baik adalah dengan cara disiplin dalam mencatat pemasukan dan pengeluaranmu setiap hari. Hal ini penting agar pengeluaranmu tidak membengkak dan melebihi dari anggaran yang telah kamu buat. Selain itu, hal ini juga penting agar keuntungan yang kamu dapat difokuskan untuk membesarkan usaha, bukan untuk kepentingan atau kenikmatan pribadi semata.

Setelah membaca rahasia dari Pak Chairul Tanjung, sudah siapkah kalian untuk mengelola keuangan agar menjadi orang sukses seperti Pak CT? Ingat ya, kelola bisnis dan penghasilanmu dengan baik secara rutin dan komitmen. Semangat Youngvestor! Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *