I AM Community

5 Langkah Tepat Untuk Memulai Menabung Bagi First Jobber, Milenial Wajib Tahu Ini!

5 Langkah Tepat Untuk Memulai Menabung Bagi First Jobber, Milenial Wajib Tahu Ini!
 

Youngvestor, kalian setuju nggak kalau menabung adalah hal yang penting dilakukan untuk simpanan masa depan? Tabungan yang dihasilkan oleh seseorang dapat menunjukkan kemampuan dalam mengatur keuangan pribadi. Namun seringkali para pekerja muda masih mengalami masalah dalam mengatur keuangannya, termasuk untuk menyisihkan pendapatannya sebagai tabungan.

Mengutip Indonesia Millennial Survey 2019 yang digelar oleh IDN Times, terungkap bahwa pekerja milenial berusia muda di Indonesia hanya mampu menyisihkan 10% dari pendapatan untuk tabungan. Pasalnya, sebagian besar anak muda yang baru memulai karier, umumnya belum berkeluarga sehingga tanggungan pengeluarannya juga belum besar. Tidak banyak dari mereka yang penghasilannya terkuras untuk pengeluaran yang konsumtif, alih-alih untuk membeli asuransi atau berinvestasi.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan milenial agar bisa menabung tanpa merasa terbebani? Yuk, simak langkah 5M milenial untuk mulai menabung sejak pertama kerja berikut ini.

1. Menetapkan Tujuan

Sumber: shutterstock.com

Menetapkan tujuan yang jelas akan membuat tekad kamu semakin kuat untuk menabung. Selain itu, adanya sebuah tujuan tertentu bisa membuat kegiatan menabung semakin terarah. Tujuan dalam menabung juga akan memengaruhi bagaimana cara kamu untuk menyisihkan pendapatan bulanan. Kamu bisa menetapkan tujuan, misalnya dalam usia 30 tahun harus memiliki rumah sendiri. Dengan begitu, kamu akan termotivasi untuk menabung sehingga kegiatan menabung pun akan semakin efektif.

2. Membuat Perencanaan Keuangan Bulanan

Sumber: finsy.co.id

Merencanakan keuangan bulanan menjadi salah satu hal penting agar aktivitas menabung semakin efektif. Setiap menerima gaji, biasakan diri kamu untuk membuat daftar kebutuhan selama sebulan ke depan. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui perkiraan jumlah pengeluaran dan bisa lebih mudah untuk mengalokasikan pemasukan yang diterima setiap bulannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan persentase 50/20/20/10. Maksudnya adalah 50% untuk biaya hidup, 20% untuk biaya hiburan, 20% untuk investasi dan 10% untuk tabungan. Dengan proporsi tersebut, keuangan kamu akan lebih tertata.

3. Menyisihkan Langsung Jumlah Tabungan Setiap Bulannya

Sumber: scout.id

Jika jumlah pemasukan dan pengeluaran sudah dicatat, kamu akan lebih mudah untuk mengetahui kondisi keuanganmu. Menyisihkan uang di awal bulan menjadi cara yang paling mudah bagi kamu yang kesulitan menabung. Saat kamu baru menerima gaji, pastikan kamu langsung menyisihkan sejumlah uang yang dikhususkan untuk tabunganmu. Hal tersebut bermanfaat untuk memastikan jumlah dan mengetahui target tabungan yang ingin kamu capai. Selain itu juga akan membantu kamu agar tetap konsisten melakukannya.

4. Membatasi Penggunaan Kartu Kredit atau Cicilan

Sumber: money.id

Milenial merupakan generasi dengan tantangan konsumerisme yang tinggi. Semakin banyak alasan bagi milenial untuk menghabiskan uang meskipun untuk hal-hal sepele. Pengeluaran tak terduga dan membeli barang yang tak perlu menjadi salah satu pemicu sulitnya generasi milenial untuk menabung. Penggunaan kartu kredit atau pengajuan cicilan yang mudah dilakukan di zaman sekarang membuat sebagian kaum milenial tertarik menggunakan fasilitas ini. Namun, kamu tetap harus hati-hati ya! Jangan sampai terjebak masalah yaitu terlilit hutang. Lebih baik kamu pertimbangkan dahulu sebelum menggunakannya. Ingat, bukan hanya membayar hutang tiap bulan tetapi kamu juga harus membayar bunganya.

5. Memiliki Rekening Terpisah

Sumber: qerja.com

Agar lebih aman dan tidak terganggu, sebaiknya kamu memiliki dua rekening yang terpisah. Jangan satukan rekening untuk pengeluaran dan rekening untuk tabungan karena bisa menimbulkan pemborosan. Dengan pemisahan dua rekening ini, kamu bisa mengetahui dengan jelas jumlah tabungan serta jumlah pengeluaran per bulan. Hal tersebut akan membantu kamu mengoptimalkan pengaturan keuangan.

Bila kamu termasuk generasi milenial, menyisihkan pendapatan untuk ditabung haruslah menjadi prioritas. Semakin dini kamu mulai menabung, maka jumlah simpanan di masa mendatang semakin besar. Untuk itu, kamu perlu memiliki literasi keuangan yang baik sedini mungkin. Walaupun dimulai dari nominal yang kecil, tetapi dilakukan dengan konsisten ya, Youngvestor! Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kita mulai menabung dan berinvestasi sejak dini untuk masa depan kita yang lebih sejahtera!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *