I AM Community

3 Langkah Mudah Dalam Mengelola & Merencanakan Keuangan

3 Langkah Mudah dalam Mengelola dan Merencanakan Keuangan

Kamu perlu tahu bagaimana cara mengelola uang yang kamu miliki loh, Youngvestor! Hal ini penting karena tidak seperti kebanyakan hal dalam hidup, di mana kamu dapat memilih apa saja yang kondisinya harus tetap sama dan apa yang tidak. Dalam hal keuangan, jika kamu tidak mengelolanya dengan benar, uang yang kamu miliki akan cepat berkurang jumlahnya tanpa kamu sadari.

Pernahkah kamu bertanya-tanya, mengapa banyak orang yang mengalami permasalahan keuangan? Karena mereka selalu menyepelekan permasalahan mengenai pengelolaan keuangan yang bisa berdampak pada pengeluaran mereka yang membengkak. Itulah mengapa hari ini mintor memutuskan untuk membahas mengenai langkah-langkah mengelola keuangan dengan baik, untuk membantu kamu menjadi lebih stabil dalam menggunakan uang kamu. Oleh karena itu, ambil pulpen kamu, dan mari kita lihat langkah-langkah mengelola keuangan ini.

1. Membuat Anggaran

Sumber: pinterest.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat memulai mengelola keuangan adalah membuat anggaran. Menetapkan anggaran dalam pengelolaan uang lebih dapat diibaratkan seperti membeli bahan bakar untuk kendaraan, kamu tidak bisa pergi ke mana pun tanpa itu.

Sekarang, mengapa kamu membutuhkan anggaran? Masalah kebanyakan orang adalah mereka cenderung mengabaikan efek negatif dari pengeluaran berlebihan pada keuangan mereka sampai akhirnya mereka tidak memiliki pilihan selain mengajukan kebangkrutan atau kehabisan uang sebelum akhir bulan. Jika kamu tidak ingin menghabiskan lebih dari penghasilan kamu, sehingga mengalami pemborosan, kamu bisa memulai dengan membuat anggaran. Dengan itu, kamu akan dapat menghindari banyak elemen yang menguras uang seperti pembelian impulsif dan lainnya.

2. Mulailah Menabung

Sumber: pinterest.com

Satu-satunya yang pasti tentang hidup adalah ketidakpastian, itu sebabnya setelah membuat anggaran, kamu juga perlu menyisihkan sedikit tabungan setiap bulan. Kita tidak pernah tau apa yang terjadi di masa depan. Dan jika saat itu amu tidak memiliki uang, kamu akan berada di posisi yang tertekan.

Jadi, untuk menghindari situasi seperti itu, kamu dapat membangun dana darurat yang hanya akan digunakan jika terjadi keadaan darurat. Dengan demikian, kamu dapat menetapkan tujuan dana darurat tiga tahun, dan secara konsisten bekerja untuk itu. Maka, setiap kali terjadi keadaan darurat seperti pada kerabat yang membutuhkan dukungan keuangan untuk alasan kesehatan, kamu tidak akan kekurangan, dan juga tidak akan tergoda untuk menghancurkan anggaran bulanan  kamu dengan harus menyentuh pendapatan bulanan kamu. Selain itu, memiliki dana tabungan darurat akan membantu mencegah kamu terlilit utang saat keadaan darurat muncul. Maka dari itu mulai sekarang sisihkan uang kamu untuk menabung agar kehidupan kamu selalu baik dan tidak kekurangan.

3. Hindari Berhutang

Sumber: pinterest.com

Hal terburuk yang dapat terjadi pada siapa pun secara finansial, adalah ketika mereka mencoba untuk melunasi hutang lama dan hutang baru terus berdatangan. Ini seperti membangun istana di udara. Jadi, jika kamu tidak ingin membuang waktu untuk melunasi hutang selamanya, coba hentikan masuknya hutang baru, sambil pada saat yang sama melunasi hutang yang lama. Dengan melakukan itu, kamu akan dapat mengatasi hutang kamu dalam waktu yang sangat singkat, sehingga memberikan diri kamu ruang bernapas ekstra untuk kapasitas tabungan kamu. Namun, aturan praktisnya di sini adalah apa pun situasinya, selalu upayakan untuk melunasi setidaknya satu utang setiap bulan. Dengan kata lain, jangan biarkan hutang kamu berlalu begitu saja tanpa kamu membayarnya karena, semakin kamu menunda-nunda, semakin menumpuk hutang untuk kamu.

Percayalah, itu bukan masa depan finansial yang baik bagi seseorang yang ingin mengelola keuangannya dengan benar. Jika kamu ingin mengelola uang dengan baik, lakukan langkah-langkah diatas, karena jika kamu gagal membuat anggaran, kamu pasti akan memiliki pengeluarkan yang membengkak. Gagal menabung, kamu akan kebingungan ketika keadaan darurat yang membutuhkan dukungan keuangan menghampiri kamu. Dan jika kamu gagal melunasi utang, anggaran dan tabungan kamu akan hancur. Dengan kata lain, langkah- langkah ini berjalan bersama dan kamu hanya perlu menyeimbangkannya, agar dapat mengelola uang dengan sukses.

Bagaimana sekarang? Semoga membantu kamu dalam melakukan perencanaan masa depan. Selain itu, kamu bisa juga mulai berinvestasi untuk jangka. Maka dari itu, kamu akan sejahtera dan selalu berkecukupan. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya, Youngvestor!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *