I AM Community

4 Pilar Dalam Mengatur Keuangan di Era New Normal, Milenial Wajib Tahu!

4 Pilar Dalam Mengatur Keuangan di Era New Normal, Milenial Wajib Tahu!
 

Halo Youngvestor!

Bagaimana kabar keuanganmu hari ini? Mintor lihat-lihat, sedang banyak promo online shop nih. Jadi ingin check out produk tapi takut kehabisan dana untuk tanggal tua. Terkadang keinginan lebih tinggi daripada kebutuhan dan membuat seseorang membeli produk tanpa perencanaan.

Begitupun di tengah era new normal ini, tak dapat dipungkiri bahwa masih banyak individu yang menghabiskan uangnya untuk berfoya-foya atau sekadar membeli keinginannya akan suatu barang/jasa. Tentunya hal ini dapat menjadi sebuah permasalahan yang serius untuk kehidupanmu. Jika hal ini terus-terusan kamu lakukan dapat membuat dampak negatif untuk dirimu sendiri, khususnya keuanganmu.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki target untuk kuliah S2 di tahun depan, maka kamu harus menyisihkan sebagian uangmu untuk ditabung. Namun jika kamu boros dan tidak mengatur keuangan, bisa saja targetmu akan tertunda. Kamu harus menabung lebih lama dan menunda kuliahmu jika kamu terus melakukan kesalahan ini.

Gak mau kan terlalu lama menunda masa depanmu? Youngvestor jangan khawatir dan bingung ya, karena kebiasaan itu dapat diubah selagi kamu punya niat dan mau mencobanya. Lantas apa saja hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah keuanganmu?

Salah satu hal penting yang perlu kamu pahami terlebih dahulu yaitu pemahaman konsep tentang keuangan. Konsep ini tentunya adalah hal dasar untuk membantu kamu dalam mengontrol berbagai permasalahan dari segi keuangan, misalnya biaya untuk konsumsi, amal ibadah, dana darurat (tabungan) dan investasi.

Mengatur laju keuangan setiap hari juga penting loh! Hal itu akan membawa manfaat tersendiri agar kamu menjadi tenang dan nyaman dalam mengelola keuangan. Untuk lebih jelas, yuk simak empat  pilar penting dalam mengatur keuanganmu di era new normal ini.

1. Kenali dan Pahami Keuanganmu Sendiri

Sumber : pixabay.com

Mengatur keuangan sendiri merupakan hal yang tidak mudah bagi tiap individu, namun tidak sesulit yang dibayangkan juga. Justru yang sulit itu adalah pemahaman konsep keuangannya. Komitmen merupakan hal utama bagi tiap individu dalam menjalankannya. Terdapat dua konsep dalam memahami keuangan sendiri, yaitu di antaranya pemasukan dan pengeluaran. Hitung dan catatlah setiap pengeluaran dan pendapatanmu, apakah sudah sesuai atau belum? Jangan sampai pengeluaran melebihi pemasukanmu ya. Setiap individu tentunya memiliki pemasukan dan pengeluaran yang berbeda.

Terlebih lagi dengan kondisi saat ini, wabah Covid-19 berdampak pada perekomonian yang semakin lemah. Banyak orang yang penghasilannya menurun, dan hal itu membuat mereka harus lebih menghemat pengeluaran.  Itulah sebabnya kamu harus tahu bagaimana mengatur keuangan, karena sebesar apapun penghasilan tiap individu tidak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan jika mereka tidak tahu cara mengatur keuangannya.

2. Ketahui Tujuan Keuanganmu

Sumber : pixabay.com

Pasti kita pernah menyusun financial goal atau tujuan keuangan untuk kebutuhan harian ataupun target masa depan. Hal ini disusun sebagai langkah persiapan di masa depan. Berbagai cara dapat dilakukan seperti dengan membuat daftar hal yang perlu dicapai hingga memenuhi kebutuhan secara tepat dan pasti. Target keuangan tentunya harus memenuhi kebutuhan dasar terlebih dahulu misalnya konsumsi, amal ibadah, hingga dana darurat.

Setelah hal dasar tersebut terpenuhi dan kamu masih memiliki kelebihan dana, ada baiknya untuk menggunakan dana tersebut untuk investasi. Konteks ini akan sangat berguna bagi Youngvestor yang ingin menyisihkan keuangannya untuk kepentingan masa depan.

3. Mencapai Tujuan Keuangan

Sumber : pixabay.com

Lumrahnya, berusaha dan melakukan dengan maksimal adalah langkah untuk mendapatkan sesuatu. Bekerja keras adalah salah satu kuncinya. Namun Youngvestor harus tahu bahwa tujuanmu dalam mendapatkan sesuatu sudah optimal atau belum. Jika tujuanmu belum tercapai, maka kamu harus lebih sabar dan fokus dalam mencapainya, karena tidak semua hal bisa diperoleh dalam waktu yang instan. Semua hal  memerlukan proses, perlahan namun pasti akan membuat kebutuhan tersebut dapat terpenuhi dengan baik.

4. Kenali Produk Yang Ingin Kamu Capai

Sumber : pixabay.com

Produk yang dibutuhkan harus disesuaikan dengan target dan kepentingan sehari-hari. Dengan begitu tentunya kita dapat menghemat keuangan untuk kebutuhan yang lain. Produk jangka panjang merupakan pilihan utama untuk mempersiapkan bekal di masa depan. Mengenali produk bertujuan agar kita dapat memilih secara bijak produk mana yang sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Nah, bagaimana Youngvestor? Kamu jadi lebih paham kan pentingnya mengelola pemasukan dan pengeluaranmu. Di sisi lain, menentukan target yang ingin kamu capai juga penting ya. Sisihkan uangmu untuk keperluan di masa depan, tidak perlu banyak kok, 10% dari gajimu sudah cukup. Walaupun sedikit pasti akan membawa manfaat untuk kamu. Selamat mencoba Youngvestor!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *