I AM Community

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Patungan Properti

Hallo Youngvestors! Seperti yang kalian tahu untuk memulai investasi properti tentunya dibutuhkan beberapa persiapan yang matang. Persiapan yang dibutuhkan dapat beragam bentuknya mulai dari pemilihan lokasi sampai dengan modal. Untuk memulai sebuah usaha atau bisnis, tentunya kamu membutuhkan modal yang tidak sedikit, lho! Namun, besar kecilnya modal kembali lagi pada jenis usaha apa yang ingin kamu buat.

Sebagai anak muda tentunya kita tetap ingin berinvestasi atau membuka usaha dengan modal yang kecil namun memiliki keuntungan yang cukup besar kan? Oleh karena itu, patungan properti bisa jadi pertimbangan kamu nih kalau mau mulai investasi dengan modal yang gak terlalu besar. 5 hal di bawah ini perlu banget Youngvestors perhatikan sebelum memulai patungan properti.

1. Perjanjian yang jelas

Banyak orang menyepelekan hal yang satu ini demi alasan “teman”. Meskipun kamu berbisnis dengan orang yang sudah kamu kenal tentunya perjanjian awal tetap harus diresmikan. Hal ini berkaitan dengan hak dan kewajiban setiap pihak yang terlibat dalam bisnis tersebut. Kamu tentu nggak mau kan kalau urusan pribadi dicampur dengan urusan bisnis?

2. Bangun Kepercayaan

Agar bisnis yang terjalin dapat berjalan baik tentunya kamu harus membangun kepercayaan dengan rekanmu. Kamu harus saling percaya bahwa kalian dapat melewati setiap permasalahan bisnis bersama-sama. Kamu juga tentunya harus saling jujur, terbuka, dan transparan satu sama lain mengenai segala hal terutama pertumbuhan bisnis dan aliran uang agar kepercayaan itu dapat timbul dengan sendirinya.

3. Menghormati dan menghargai satu sama lain

Selama menjalankan bisnis, kamu harus selalu ingat terhadap tujuan dan cita-cita bersama pada saat kamu membangun bisnis tersebut. Jangan merasa kamu lebih berpengaruh atau menanam modal lebih banyak sehingga kamu merasa lebih berhak memiliki bisnis tersebut seutuhnya. Sebaliknya, kalian harus saling menghormati dan menghargai agar tujuan bersama yang telah ditetapkan di awal dapat tercapai.

4. Jangan terlalu perhitungan

Dalam menjalankan bisnis tentunya untung rugi menjadi hal yang sangat wajar terjadi. Tetapi, jangan sampai hal tersebut membuat kamu menjadi lebih perhitungan terhadap rekanmu. Mungkin saja kamu merasa dirimu lebih berkontribusi dibanding rekanmu. Namun, belum tentu kamu dapat menjalankan bisnis tersebut tanpa kerja sama yang baik dengan rekanmu.

5. Konsisten pada kesepakatan awal

Melanggar kesepakatan awal bisnis merupakan hal yang tidak baik. Hal tersebut dapat berujung pada hilangnya rasa kepercayaan terhadap satu sama lain dan berakhirnya kerja sama untuk membangun bisnis. Oleh karena itu, kalian harus konsisten pada kesepakatan awal yang telah ditetapkan bersama sehingga usaha dapat berjalan dengan lancar.

Demikian 5 hal yang perlu Youngvestors perhatikan sebelum memulai patungan properti. Semoga dengan terjalinnya hubungan yang baik satu sama lain sebagai rekan bisnis, kamu dan rekanmu bisa mencapai tujuan awal yang telah diciptakan dan menghasilkan keuntungan bagi keduanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *